Pontianak - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Daerah (SiPeDe) yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Pontianak Barat, Kamis (15/8/2024). Kegiatan sosialisasi ini mengundang puluhan warga yang datang dari berbagai elemen masyarakat di Kecamatan Pontianak Barat. Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kota Pontianak Vivi Salmiarni menjelaskan, dilaksanakannya SiPede ini bertujuan untuk memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat terkait berbagai kebijakan Pemerintah Daerah.  Sehingga nantinya, semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan memahami berbagai kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah.

 

“Kegiatan ini merupakan kegiatan diseminasi informasi mengenai kebijakan pemerintah, bekerja sama dengan komunitas yang ada di masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di tiap kecamatan yang ada di Kota Pontianak, dengan mengusung tema yang berbeda disesuaikan dengan isu di masing-masing kecamatan,” jelas Vivi pasca acara selesai.

 

Menurut Vivi, penyelenggaraan kegiatan SiPeDe kali ini merupakan pelaksanaan yang ketiga, dimana sebelumnya acara serupa telah dilaksanakan di Kecamatan Pontianak Tenggara dan Selatan. Untuk Kecamatan Pontianak Barat, penyelenggaraan SiPeDe mengambil tema kebijakan tentang Ketertiban Umum, Peningkatan UMKM, Pencegahan Judi Online dan terkait program Sanitasi. Sedangkan pihak yang menjadi narasumber pada kegiatan ini adalah Ahmad Sudiyantoro selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pontianak, Suwandy Djapri selaku Praktisi Pandu Digital UMKM, Rezqy Septy Yoza selaku Pranata Humas Diskominfo Kota Pontianak, dan Edi Suprianto selaku Fasilitator Nasional BPOM.

 

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait kebijakan pemerintah langsung kepada masyakat agar lebih komprehensif. Dengan menghadirkan narasumber yang memahami dengan kebijakan yang disampaikan. Kemudian pada kegiatan ini juga mengadakan dialog langsung dengan narasumber, agar masyarakat bisa menyampaikan pertanyaan, keluhan, ataupun saran terkait kebijakan maupun program kegiatan pemerintahan,” jelasnya. 

 

Melalui kegiatan ini, Vivi juga berharap bahwa masyarakat dapat berperan aktif dalam pelaksanaan kebijakan maupun pelaksanaan program kegiatan dari pemerintah. Ia mengatakan bahwa keterlibatan komunitas yang ada dimasyarakat sangat penting, karena dapat menjadi perpanjangan tangan dalam penyebaran informasi kebijakan atau program pemerintah, serta dapat menjadi wadah pemberdayaan masyarakat.

 

“Untuk Komunitas Masyarakat di Kecamatan Pontianak Barat yang terlibat kali ini terdiri dari 2 komunitas, yaitu Borneo Istimewa dan Kampung Literasi Selamat (Kalise). Sedangkan untuk peserta lainnya juga kita libatkan masyarakat umum maupun pelaku UMKM,” tutupnya.

 

 

Oleh : Rezqy Septy Yoza