PONTIANAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas beserta rombongan yang dipimpin langsung oleh Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong, mengunjungi Kantor Walikota Pontianak, Senin (14/2/2022) untuk melakukan kaji tiru.

 

Ia menuturkan, terdapat 2 hal yang pihaknya pelajari dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, yaitu penataan Waterfront dan peningkatan produk unggulan dari UMKM.

 

“Dari penjelasan Pak Wali Kota tadi, banyak hal yang kami dapat. Akan kami pelajari lebih lanjut dan tentunya hal yang bisa kami terapkan untuk disesuaikan dengan kearifan lokal di sana,” jelas Jaya yang juga didampingi Wakil Bupati Gunung Mas, di Ruang Pontive Center.

 

Jaya menjelaskan, ada 3 program utama Pemkab Gunung Mas. Ketiga program itu adalah Smart Human Resources, Smart Agro dan Smart Tourism.

 

“Yang Smart Tourism ini kita kaji tiru ke Pemkot Pontianak,” terangnya.

 

Ia menambahkan, alasan dipilihnya Kota Pontianak untuk kaji tiru karena lokasi yang berdekatan serta masalah geografis yang mirip. Selain itu, penghargaan yang diterima Pemkot Pontianak pada peningkatan UMKM juga jadi pertimbangan Jaya dan pihaknya untuk memilih Kota Pontianak.

 

“Dari informasi yang kami terima juga, Kota Pontianak sudah menerima 5 kali penghargaan untuk pemberdayaan UMKM,” pungkasnya.