Bagi Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, guru memegang peranan penting bagi kemajuan Bangsa dan Negara. “Kita tak bisa menghindar, orang-orang yang harus kita muliakan setelah orang tua dan pemimpin, adalah guru.”, sebutnya saat hendak membuka Konferensi Kerja Kota I Pengurus Kota PGRI Pontianak Masa Bakti 2020-2025 pada Jumat (29/1/2021) siang.
 
Ia mengakui, pandemi Covid-19 memberikan pengaruh besar kepada profesi guru dan dunia pendidikan. “Salah satu hikmah adanya Covid-19 ini adalah, guru menjadi memahami daring dengan luar biasa. Untuk itu, guru harus terus berinovasi serta meningkatkan kompetensi untuk bisa berprestasi di keadaan seperti sekarang (pandemi).”, katanya.
 
Majunya dunia pendidikan di Kota Pontianak terbukti dengan hasil Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Pontianak yang tinggi. Bahkan tertinggi di Kalimantan Barat. “IPM kita mencapai nilai 79,4. Tinggal 0,6 lagi mencapai target, yaitu 80. Ini bisa kita capai karena peran para guru.”, sebutnya. IPM Kota Pontianak yang mencapai angka di atas rata-rata provinsi bahkan hingga ke nasional itu jadi tanda keberhasilan dunia pendidikan, khususnya guru. (IKP-DKI)