PONTIANAK — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak melanjutkan workshop jurnalistik yang kemarin (27/4) digelar. Pada agenda hari terakhir, Rabu (28/4/2021) ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari tiap dinas diundang menjadi peserta.
 
Fakhrul Ar Razi, Direktur Forum Indonesia Menulis (FIM) masih diminta untuk menjadi pemateri pada agenda tersebut. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Pontianak, Y. Trisna Ibrahim menyebut, dipilihnya Fakhrul Ar Razi sebagai narasumber karena keahlian dan pengalamannya. “Beliau sudah sering memenangkan kompetisi literasi tingkat nasional. Jadi kita undang untuk berbagi ilmunya bagi OPD di Kota Pontianak,” jelasnya.
 
Ia melanjutkan, akan terdapat penilaian dari Kementrian terkait tentang teknis pemberitaan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Sehingga ia ingin agar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) bisa dimaksimalkan melalui peran OPD dalam mempublikasi kegiatannya. “Penilaian dari pusat, mereka tidak melihat dari SKPD masing-masing. Mereka langsung cek situs PPID,” paparnya.
 
Trisna pun menerangkan, PPID berfungsi sebagai media publikasi bagi aktivitas dan kegiatan seluruh perangkat daerah. Di sana, semestinya seluruh OPD membagikan hasil dokumentasinya masing-masing. “Saya tidak tau, bapak ibu sudah mengetahui atau belum informasi ini sebelumnya. Saya yakin bapak ibu sudah mengerjakan kegiatan itu semua. Untuk itu kita berkumpul di sini, mari kita aktifkan PPID,” katanya.
 
Terakhir, pada sambutannya, ia berharap agar OPD dapat saling berkolaborasi dan sinergi menginformasikan kegiatannya. “Dengan adanya workshop ini saya harap masalah teknis terkait penulisan bisa diatasi. Jadi tugas bapak ibu cukup mempostingnya di PPID, karena kegiatan kita menggunakan APBD dan wajib diketahui masyarakat,” tutupnya. (IKP-DKI)