PONTIANAK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak melalui Bidang Statistik Sektoral menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Standar Data Statistik Nasional (SDSN) untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (29/5/2024) di Ruang Rapat Diskominfo Kota Pontianak dan dihadiri oleh puluhan peserta perwakilan Pengelola Satu Data yang tersebar di OPD lintas sektor di lingkungan Pemkot Pontianak. Sekretaris Diskominfo Kota Pontianak Edy Purwanto mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini. Mengingat tidak lama lagi akan diselenggarakan penilaian terkait Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) secara nasional, sehingga kegiatan ini dapat menjadi bagian dari persiapan menuju penilaian tersebut.

 

 

 

“Hari ini kita melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Data Statistik Nasional (SDSN) di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak. Terkait kegiatan ini, harapannya ini dapat mendongkrak Indeks Pembangunan Statistik (IPS) di Kota Pontianak,” sebut Edy saat memberikan sambutan di pembukaan kegiatan. 

 

Dirinya menuturkan bahwa pihaknya bersyukur karena peserta pada kegiatan ini dibimbing langsung oleh perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pontianak yang diundang menjadi narasumber. Sehingga nantinya, peserta benar-benar mendapatkan wawasan dan informasi yang tepat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai Pengelola Satu Data. “Narasumber nanti akan menjelaskan terkait Standar Data Statistik, terkait standar data itu apa, dan hal lain yang terkait. Kemudian ada meta data, klasifikasi meta data, dan lainnya yang menjadi bagian dari tugas para Pengelola Satu Data,” ungkapnya. 

Edy menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi wadah bagi para peserta untuk meningkatkan pengetahuan terkait bidang statistik secara umum. Terkhusus untuk Standar Data Statistik, dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi rujukan atau referensi bagi peserta perwakilan seluruh OPD dalam melaksanakan implementasi Statistik Sektoral yang baik dan benar.

 

“Dengan keingintahuan kita tadi, manfaatkan waktu yang sudah tersedia ini untuk mendapatkan informasi maupun pengetahuan. Harapan kita Data Statistik Sektoral di Kota Pontianak akan lebih baik untuk kedepannya,” pungkasnya.

 

 

Oleh : Rezqy Septy Yoza