Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus dapat dorongan demi pulihkan situasi ekonomi akibat pandemi. Ia menyebut, majunya UMKM akan membuka lapangan kerja dan memberikan peluang bagi masyarakat untuk mendapat mata pencaharian. Oleh karena itu, UMKM akan terus mendapat pendampingan seperti legalitas usaha, hingga motivasi menjalani pekerja bisnis. Hal itu disebut Edi usai membuka Seminar Aspek Hukum dalam Bisnis UMKM.
 
“Untuk pemulihan ekonomi nasional, UMKM sekarang akan kita dorong untuk beraktivitas karena ini membuka peluang lapangan kerja.”, ujarnya Senin (1/2/2021) pagi di Aula Sultan Syarif Abdurrahman, Pontianak. Edi menyebut, UMKM perlu pembinaan, khususnya bidang hukum.
 
“UMKM kan awam dengan hal hukum. Untuk itu perlu dibina. Contoh kasus UMKM yang pernah terjadi di lapangan, misalnya, terjadi kesamaan merk dagang, atau kualitas makanan yang belum baik, termasuk utang-piutang (pinjaman). Oleh sebab itu diperlukan pembinaan.”, pungkasnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pendiri UMKM Kota Pontianak, Dian Hardiani mengakui, peran pemuda pada perkembangan UMKM amatlah penting. Menurutnya, tanpa semangat bisnis pemuda, ekonomi akan sulit untuk maju. “Berkembangnya UMKM ditentukan pemuda. Maka dari itu, hari ini kita akan kukuhkan pemuda pelopor UMKM di Pontianak.”, imbuhnya disambut sorak peserta.
 
Ia melanjutkan, upaya pemuda juga perlu bantuan pemerintah. Dengan bersinergi antara pelaku usaha dengan pemimpin, baginya, akan memberikan dampak positif pada kelangsungan ekonomi. (IKP-DKI)