Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020 diadakan di UPT Layanan Disabilitas Dan Asessment Center Kota Pontianak pada Rabu (3/12/2020). Dengan mengusung tema "Not All Disabilities Are Visible (Tidak Semua Disabilitas Bisa Terlihat)", diharapkan dapat menjadi momentum penyampaian informasi tentang kesadaran dan pemahaman untuk disabilitas yang tak terlihat secara langsung, layaknya gangguan mental dan penyakit-penyakit kronis lainnya.

 

Ibu Wali Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie Kamtono hadir pada peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020. Dalam kata sambutannya, Yanieta yang juga dinobatkan sebagai Ibu Asuh Anak Disabilitas, memberi pesan bahwa walaupun anak-anak ini tidak sama dengan anak-anak pada umumnya, dengan metode dan cara yang benar mereka bisa belajar dan suatu saat menjadi mandiri seperti anak-anak lainnya. Selain itu Ia juga memberi pesan pada semua orang tua bahwa jangan pernah menyerah untuk buah hati mereka, karena anak merupakan sebuah karunia titipan yang berharga.

 

Yanieta juga menginfokan bahwa saat ini Pemerintah Kota Pontianak telah membangun 5 sekolah inklusi dari tingkat PAUD, SD dan SMP. Salah satunya merupakan SDN 34 Pontianak Selatan dan SDN 06 Pontianak Kota yang merupakan salah satu sekolah inklusi dengan sarana yang sudah siap dan akan segera dibuka ke depannya.

 

Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020, diperingati setiap 3 Desember, diproklamasikan pada 1992 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Resolusi 47/3. Tema peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020 adalah Building Back Better: toward a disability-inclusive, accessible and sustainable post Covid-19 world, yang maksudnya “membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih aksesibel, dan berkelanjutan pasca pandemic Covid-19. (IKP-DKI)