Tiga OPD dari Pemerintah Kota Pontianak, yaitu Dinas Perpustakaan, Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP, dan UPTD Puskesmas Kecamatan Pontianak Barat, menjadi Top 6 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020. Presentasi dan wawancara virtual diadakan di Ruang Rapat Pontive Center, pada Selasa (15/12/2020).

 

Perwakilan Pemerintah Kota Pontianak yang pertama adalah Dinas Perpustakaan Kota Pontianak, dengan Inovasinya "DEBAR" (Delivery Buku Antar), jasa layanan pesan antar buku bagi pemustaka disabilitas. Inovasi ini mempermudah masyarakat terutama yang berkebutuhan khusus untuk memanfaatkan jasa perpustakaan dimanapun mereka berada.

 

Kemudian Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTKPTSP) Kota Pontianak dengan inovasi "IMUT CERIA" (IMB Pemutihan dalam Gang dengan Pelayanan yang Cepat, Ramah, Pasti dan Akuntabel). Inovasi yang menjawab permasalahan banyaknya rumah tinggal di dalam gang di Kota Pontianak yang belum memiliki IMB.

 

Sedangkan yang ketiga adalah inovasi "CATIN SIAP" (Calon Pengantin Sehat Intelektual Aktif Produktif), yang merupakan hasil inovasi dari UPTD Puskesmas Kecamatan Pontianak Barat. Calon pengantin harus memeriksakan kesehatan tubuh sebelum memiliki anak, memastikan diri bahwa bebas penyakit menular dari hubungan seksual. (IKP-DKI)