Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, kurva terpapar virus Covid-19 di Pontianak sudah melandai. Hal itu Ia sampaikan usai memimpin Rapat Evaluasi Satgas Covid-19 Kota Pontianak pada Rabu (27/1/2021) bertempat di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Walikota Pontianak.
 
“Yang pasti ketaatan warga kota terhadap protokol kesehatan, sehingga kita bisa memutus mata rantai, klister-klaster baru yang berpotensi. Terutama imunitas, warga harus menjaga daya tahan tubuhnya untuk bisa mencegah virus.”, katanya didampingi Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Pontianak, Leo Joko Triwibowo dan Dandim 1207/BS, Jajang Kurniawan.
 
Langkah kedepannya, Edi melanjutkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan terus pantau perkembangan karena mobilitas yang tinggi. “Nanti kita akan terus memonitor untuk kedepannya, karena aktivitas yang banyak. Berbarengan dengan vaksinasi, Insyaallah bisa segera diatasi.”, sebutnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebut, sejak vaksinasi dicanangkan di Kota Pontianak, hingga hari ini terdapat 1418 tenaga kesehatan (nakes) yang berhasil imunisasi mendapat suntik vaksin. Walau beberapa harus tertunda, vaksinasi akan tetap berlanjut seiring dengan penerapan protokol kesehatan. “Beberapa yang ditunda itu karena hipertensi (darah tinggi).”, lanjutnya usai mengikuti rapat. (IKP-DKI)