PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak sedang memprioritaskan pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I di Kecamatan Pontianak Timur. Prosesnya pun sudah menunggu tender dan ditargetkan selesai awal tahun depan.

 

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, selain duplikasi Jembatan Kapuas I, pihaknya juga ingin membenahi penataan infrastruktur di Kecamatan Pontianak Timur seperti yang ada di Jalan Pemda, Gang Semut hingga Kawasan Waterfront yang bertempat di sepanjang garis Sungai Kapuas dan Landak.

 

“Penataan Pasar Kenanga supaya bisa jadi pusat kuliner. Kemudian rencana pembangunan SD-SMP di Kecamatan Pontianak Timur. Terus juga Jalan Sultan Hamid, kita harapkan bisa ditata,” sebutnya, Senin (14/2/2022), usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pontianak Timur di Hotel Harris.

 

Edi menambahkan, penataan ini dilakukan untuk membuang kesan kumuh serta membantu meningkatkan pendapatan pedagang UMKM. Menurutnya, sejalan dengan terciptanya infrastruktur akan mendatangkan turis, baik dari lokal hingga internasional.

 

“Dampaknya para pedagang UMKM akan meningkat ekonominya,” imbuhnya.

 

Lewat Musrenbang ini, Edi meminta kepada masyarakat untuk tidak hanya fokus kepada pembangunan fisik, tapi juga pembangunan manusia. Ia berharap momentum Musrenbang dimanfaatkan sebagai ajang evaluasi bersama.

 

“Selain itu juga pemberdayaan masyarakat (SDM) supaya perekonomian bisa tumbuh dengan kegiatan yang kreatif dan inovatif,” tutupnya.