Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono pancang tiang pertama pembangunan Waterfront Kapuas Indah di kawasan Kapuas Indah, Pontianak pada Rabu (20/1) pagi. Pembangunan ini merupakan bagian dari penataan kota oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.
Ia menjelaskan, rencana ini akan disusul dengan rencana pembangunan Mal Pelayanan Publik Pontianak dengan menyulap Pasar Kapuas Indah menjadi Mal Pelayanan Publik. “Nanti urusan surat menyurat seperti KK, SKCK, dll akan dipusatkan di sana, di lantai 3.”, katanya sambil menunjuk Pasar Kapuas Indah.
Waterfront Kapuas Indah direncanakan akan tersambung dengan waterfront seng hie hingga di Jalan Barito. Waterfront kapuas indah melengkapi wajah baru fasilitas umum di Pontianak. Selain itu, Edi menambahkan, kekhasan budaya lokal Pontianak akan ditonjolkan pada tiap aksen bangunan, semisal bahan dari kayu dan ukiran.
Setelah pemancangan tiang, Edi menyusuri Pasar Kapuas Indah dan Pasar Cempaka didampingi Kepala Diskominfo Kota Pontianak, Uray Indra Mulya dan Kepala Dinas PUPR Kota Pontianak yang baru saja kemarin dilantik, Firayanta.
Selain waterfront dan pasar kapuas indah, Edi juga ingin menata Pasar Tengah. Hal itu disampaikannya saat memberikan kata sambutan acara Pemancangan Tiang Pertama Pembangunan Waterfront Kapuas Indah pagi tadi, Rabu (20/1). “Harapannya tahun 2021 bisa selesai.”, pungkasnya. (IKP-DKI)