foto: Firman Hernadi / Pemkot Pontianak

Kunjungan Deputi Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

PONTIANAK — Pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pontianak diharapkan dapat mempercepat dan mempersingkat proses birokrasi bagi masyarakat.

Sedang memasuki tahap perencanaan, MPP nantinya akan menempati lantai 3 Gedung Pasar Kapuas Indah. Sehingga mengubah wajah baru Kota Pontianak menjadi lebih modern di tepian sungai.

Dalam pembangunannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak didampingi langsung oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB Diah Natalisa dalam kunjungannya ke Kantor Walikota Pontianak mengatakan pihaknya bangga ketika mengetahui rencana ini.

“Bapak Wali Kota sudah paparkan rancangan gedung serta jenis layanannya. Kami berupaya memberikan beberapa saran agar MPP di Pontianak berjalan sesuai harapan,” jelasnya Kamis, (20/5/2021).

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono berharap pembangunan MPP akan segera dilaksanakan.

“Sekarang kita usahakan mulai pembangunan tahun ini, sehingga tahun 2022 sudah selesai,” tuturnya di Ruang Pontive Center, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak.

Edi melanjutkan jenis pelayanan yang nantinya akan diterapkan di MPP berisi lembaga seperti kepolisian, TNI, dan juga beberapa dinas Pemkot Pontianak itu sendiri.

“Nanti warga yang ingin membuat atau memperpanjang SIM dan KTP, membuat surat-menyurat keperluan administrasi, bisa datang ke MPP,” ujarnya.

Ia berharap melalui MPP, masyarakat mendapat pelayanan dengan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan. 

“Dan juga tentunya murah,” tutupnya.