PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak turut hadir dalam Workshop ASEAN Australia Smart Cities Trust Fund Introductory (AASCTF) secara virtual dari Ruang Rapat Pontive Center, Rabu (12/1/2022).

 

Pemkot Pontianak terpilih untuk berpartisipasi dalam ASEAN Australia Smart Cities Trust Fund (AASCTF) guna membantu kota-kota di Negara ASEAN dalam meningkatkan sistem perencanaan, pelayanan dan pengelolaan keuangan dengan mengembangkan dan menguji solusi dan sistem perkotaan digital yang tepat.

 

Seperti diketahui, AASCTF didanai oleh Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (Department of Foreign Affairs and Trade - DFAT) dan dikelola oleh Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank - ADB).

 

Melalui dana perwalian AASCTF tersebut, pejabat pemerintah daerah menjadi bagian dari jaringan sejawat yang berkomitmen untuk mengembangkan, berbagi solusi dan ide cerdas praktik terbaik untuk kota-kota ASEAN agar menjadi lebih menarik, layak huni dan tangguh.

 

Kegiatan jejaring (networking) ini juga bertujuan menyeluruh dalam berbagi pengetahuan, pembelajaran dan ide-ide baru. AASCTF menyatukan sektor publik dan mitra swasta dari kota-kota di ASEAN.

 

Diawali dengan mengikuti online survey dan workshop, peserta kemudian harus mengisi survey online untuk mendapatkan gambaran terhadap kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya. 

 

Program dari AASCTF ini diharapkan dapat membantu Pemkot Pontianak untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari aparatur, memperluas jejaring untuk meningkatkan kolaborasi, memfasilitasi transfer pengetahuan serta memperkaya pemikiran sistem holistik pengembangan kota cerdas.

 

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak, Aswin Dja'far, memberikan sambutan pada acara ini.