Jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, pada 7-13 September 2020 di Kota Pontianak dan 16-21 September 2020 di Kabupaten Sekadau, dilaksanakanlah pemusatan pelatihan bagi Kafilah Kota Pontianak, yang diresmikan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, di Aula Sultan Syarif Abdurrahman, pada Selasa (1/9/2020).

 

Wali Kota Pontianak mengingatkan kepada Kafilah Kota Pontianak untuk tidak menyembunyikan kondisi kesehatan pada panitia. Jika mengalami keluhan fisik atau kesehatan, kafilah diminta untuk segera melaporkan diri kepada panitia untuk segera dilakukan pemeriksaan.

 

Wali Kota Pontianak juga berharap peserta dari Kota Pontianak dapat meraih hasil terbaik dalam MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat sehingga dapat mewakili Kalimantan Barat untuk MTQ Tingkat Nasional mendatang. Kepada peserta, Ia juga akan memberikan penghargaan khusus bagi yang meraih juara.

 

Dikarenakan pandemi Covid 19, pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat menjadi berbeda menyesuaikan protokol kesehatan Covid 19. Pelaksanaan di Kota Pontianak, pada 7-13 September, diadakan secara virtual dan langsung. Lomba secara virtual untuk cabang tilawah usia emas, qiraat sab’ah, tuna netra, tahfiz quran 1,5,10,20 dan 30 jus, serta tafsir. Lomba secara langsung untuk cabang fahmil quran, syarhil quran dan khat quran.

 

Sedangkan pelaksanaan di Kabupaten Sekadau diadakan secara langsung, pada 16-21 September 2020, yaitu untuk cabang tartil dan tilawah anak-anak, tilawah remaja, dan tilawah dewasa. jumlah penonton yang datang langsung ke lokasi perlombaan juga akan dibatasi.