PONTIANAK — Rektor IKIP PGRI Kota Pontianak, Rustam, M.Pd. Kons beserta jajaran, datang bersama mahasiswa IKIP PGRI Kota Pontianak di Kantor Walikota, Senin (2/8) untuk melakukan penyerahan mahasiswa dalam program magang dan KKM yang nantinya akan dilaksanakan di wilayah Kota Pontianak.
Rustam mengatakan, menjadi tantangan bagi mahasiswa yang mengabdikan diri untuk mengajar di masa sekarang, terutama akibat pandemi. “Tak hanya kesehatan dan ekonomi, pendidikan juga berdampak karena adanya belajar daring, sehingga mengharuskan mahasiswa sekalian untuk bergerak melewati tantangan,” ujarnya.
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono yang menerima langsung mahasiswa IKIP PGRI Kota Pontianak, menyampaikan, dunia pendidikan sedang kesulitan akibat terdampak pandemi. Meski diakuinya terdapat pula dampak positif seperti pemanfaatan teknologi, namun Edi menilai, pembelajaran yang efektif didapat melalui tatap muka.
“Pakar pendidikan menyatakan kondisi dunia pendidikan saat ini, khususnya pembentukan karakter, tidak seperti pada zaman dahulu. Dari segi sosial, terganggu. Begitupun komunikasi,” tuturnya kepada mahasiswa dan OPD yang juga hadir.
Ia berharap, melalui program ini, mahasiwa bisa menerapkan ilmunya kepada masyarakat dan bisa mendapat pengalaman baru sehingga menambah pengalaman untuk pengabdian selanjutnya.
“Kerjasama yang baik ini semoga terus berlanjut, untuk dunia pendidikan,” pungkas Edi.