PONTIANAK – Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak Edy Purwanto optimis target skor Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kota Pontianak tercapai. Hal ini disampaikannya pada saat kegiatan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Statistik Sektoral Untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Diskominfo Kota Pontianak pada hari Rabu (22/5/2024) dan dihadiri oleh perwakilan Pengelola Satu Data dan Admin e-Walidata tiap OPD di Pemkot Pontianak.

 

 

“Kita wajib optimis skor IPS kita bisa meningkat tahun ini. Tentunya kita harus berdoa, usaha, ikhtiar, dan tawakkal. Serta tidak luput saya berharap dukungan dan kerja sama kawan-kawan dari semua Organisasi Perangkat Daerah di Kota Pontianak,” jelas Edy.   

 

Edy menambahkan bahwa optimisme dirinya tidak terlepas dari berbagai strategi yang sudah dilakukan dalam rangka persiapan menuju penilaiain Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS). Untuk itu, berbagai rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan selama beberapa bulan terakhir. Termasuk Pemutakhiran Data Statistik Sektoral Untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak kali ini.

“Pemutakhiran Data ini juga dibimbing oleh teman-teman dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pontianak yang kita undang sebagai narasumber. Karena tahun ini ada EPSS Tahun 2024, penilaiannya terhadap apa yang telah kita lakukan terkait Data Statistik Sektoral di Tahun 2023. Tahun lalu kita mendapat nilai 2,03 dengan kriteria cukup, tahun ini semoga bisa mencapai hasil yang lebih baik. Harapan kita tahun ini targetnya adalah minimal 3, semoga itu bisa dicapai. Tentunya dengan dukungan dari semua OPD di Kota Pontianak,” ungkapnya.  

 

Edy mengaku, Diskominfo Kota Pontianak sebagai Wali Data sudah melakukan berbagai tugas pokok dan fungsi dalam rangka mempersiapkan kesiapan tiap OPD yang ada di lingkungan Pemkot Pontianak. Dengan siapnya berbagai OPD yang ada, diharapkan proses persiapan menuju penilaian EPSS dapat berjalan maksimal. “Kalau bicara strategi, kita sudah melakukan fungsi Pembinaan, contohnya sudah beberapa kali kita mengundang kawan-kawan pengelola Satu Data yang mengelola Data Statistik Sektoral, kita sudah lakukan pembinaan, kita sharing. Kemudian kita juga selalu melakukan fungsi Pengawasan, kita selalu meminta kepada rekan-rekan untuk selalu mengupdate data yang ada di dalam Data Statistik Sektoral pada masing-masing OPD,” tutup Edy.

 

Oleh : Rezqy Septy Yoza