PONTIANAK - Kepolisian Negara Republik Indonesia gelar vaksinasi serentak di seluruh daerah. Untuk di Kota Pontianak, vaksinasi digelar di Gedung Pontianak Convention Center (PCC), Jumat (11/2/2022), bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

 

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, vaksinasi ini merupakan lanjutan dari yang sudah dilaksanakan sepanjang setahun terakhir. Ia menyebut, capaian vaksin di Kota Pontianak telah mencapai 90,2 persen.

 

“Untuk lansia juga sudah 70 persen, kita gencarkan terus juga untuk anak-anak, vaksin ketiga atau booster sudah bisa didapatkan di Puskesmas di seluruh Kota Pontianak,” sebut Edi.

 

Dirinya senantiasa mengimbau kepada masyarakat untuk patuh kepada protokol kesehatan (prokes), terutama masker. Edi menilai, meningkatnya kasus positif baru-baru ini disebabkan karena insteraksi yang tinggi namun tidak diiringi prokes yang ketat.

 

“Kasus positif total ada 501 ya, yang dirawat di Rumah Sakit ada 31 orang, semua yang dirawat itu memiliki penyakit bawaan (kormobid),” ungkapnya.

 

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat (Kalbar), Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama hari ini ditargetkan mencapai 500 orang dan diharapkan bertambah saat siang dan sore.

 

“Tadi ada lansia baru pertama kali vaksin. Berarti masih ada yang takut dan tidak percaya. Saya mengajak seluruh pihak untuk tidak takut kepada vaksinasi ini, karena ini keperluan kita,” tutupnya.