Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Kota Pontianak diadakan oleh Bappeda Kota Pontianak, di Aula Abdul Muis Amin, Bappeda Kota Pontianak pada Rabu (02/12/2020). Rapat ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pembangunan, Ibu Yuni Rosdiah.

 

Penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pontianak Tahun 2020-2024. Tingkat kemiskinan ditargetkan terus menurun. Namun adanya pandemi Covid-19 berpengaruh sebaliknya dan menyebabkan angka kemiskinan jadi cenderung meningkat. Untuk itu perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk bersama mencapai target dapat menurunkan tingkat kemiskinan.

 

Program penganggulangan kemiskinan secara garis besar terdiri dari empat bidang prioritas, yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta pengembangan ekonomi kerakyatan. Kemudian keempat bidang prioritas tersebut terbagi dalam 3 kelompok yaitu program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan dan perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan usaha mikro. Rapat koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan fokus program agar lebih efektif, tepat sasaran dan mampu mencapai target menurunkan tingkat kemiskinan. (IKP-DKI)