PONTIANAK – Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak untuk studi banding dan mendengar cerita pengalaman dari ASN Diskominfo Kota Pontianak dalam mengelola jaringan intra dan data center di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

"Pada kesempatan kali ini Diskominfo Pontianak berkesempatan berbagi pengalaman kepada mahasiswa Informatika Untan tentang membangun dan mengelola jaringan intra dan Data Center di lingkungan Pemerintah kota Pontianak,” terang Aditya Teguh Nugraha, seorang ASN di lingkungan Diskominfo Kota Pontianak yang bertugas sebagai Pranata Komputer, usai menjadi narasumber kuliah lapangan di Ruang Pontive Center, Jalan Rahadi Usman, Kamis (23/11/2023).

Teguh mengatakan, 8 dari 31 perangkat daerah di Pemkot Pontianak sudah terkoneksi ke jaringan intra pemerintah. Menjadi tantangan pihaknya untuk menyambungkan seluruh perangkat daerah ke dalam satu jaringan intra. Setiap pengalaman memelihara jaringan sampai mengelola data center itulah yang ia bagikan kepada mahasiswa.

"Kami berharap pengalaman yang kami bagikan tadi dapat menjadi ilmu bagi rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswa Informatika Untan,” jelasnya.

Data Center Pontianak merupakan ruangan khusus penyimpanan data yang saat ini menampung 148 Sistem Informasi dan aplikasi digital dari seluruh perangkat daerah di Kota Pontianak. Teguh melanjutkan, ruangan ini merupakan satu diantara implementasi konsep kota cerdas yang digagas pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Agar dapat melayani masyarakat Pontianak dengan lebih baik,” tutupnya.

 

 

Oleh : Gema Mahardhika