PONTIANAK – Gelar audiensi program IUWASH Tangguh di Pontive Center (25/10/23), Wali Kota Pontianak Edi Kamtono memberikan sambutan dalam pembukaan program IUWASH Pemenuhan Akses 100% Air Minum di Kota Pontianak. Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pontianak, Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kominfo, APEKSI, Direktur Perumdam Tirta Khatulistiwa beserta jajaran Kepala Bagian di Sekretariat Daerah Kota Pontianak.



Audiensi ini berkomitmen untuk memberikan pemenuhan akses 100% air minum yang layak untuk masyarakat Kota Pontianak. Berdasarkan data IUWASH Tangguh pemenuhan air layak minum baru memenuhi sekitar 88,54%, ini terjadi karena warga masyarakat yang tinggal pada pinggiran Sungai Kapuas, lebih memilih air yang diambil langsung dari sungai.


Pemenuhan air minum layak menjadi sangat penting bagi masyarakat untuk menghindari penyakit-penyakit berbahaya seperti diare, kolera, disentri, tipes, cacingan, penyakit kulit hingga keracunan, sehingga Tim IUWASH Tangguh Tahun 2023-2024 terus mengupayakan pemenuhan air layak minum untuk masyarakat Kota Pontianak bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak.

 

Oleh : Fitri Fidyasari, S.I.Kom