Arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) yang terdapat pada Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. BDR ini memastikan pemenuhan hak peserta didik mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua.

 

Maka dari itu Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak meluncurkan program Guru Mengajar di TV dan media pembelajaran dalam jaringan (online) GoodEdu, di Ruang Pontive Center, Senin (20/7/2020). Acara yang diresmikan oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono beserta istri, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Drs. Firdaus Zar’in, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Syahdan. Ketua KPID Kalimantan Barat, Iwan Kurniawan dan Direktur Ed TV, Syahri.

 

Wali Kota Pontianak mengapresiasi peluncuran program ini untuk membantu para siswa belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19. Program GoodEdu menjadi bahan ajar yang disampaikan oleh guru dan bisa disaksikan para siswa melalui siaran EdTV. Melalui GoodEdu, selain untuk media pembelajaran daring, juga dapat digunakan untuk manajemen sekolah.

 

Kepala Disdikbud Kota Pontianak, Syahdan Lazis, menyampaikan dengan GoodEdu ini bisa menjadi solusi kepada guru untuk memberikan materi tanpa tatap muka dengan murid-muridnya. Selain itu juga disiarkan di Ed TV, pada channel 46 frekuensi 675,25 UHF, setiap Senin-Jumat, pukul 08.30-10.30 WIB atau akses di YouTube Edukasi TV Pontianak.

 

Materi pembelajaran dipersiapkan oleh guru melalui proses produksi di Studio Ed TV  yang ada di Disdikbud Kota Pontianak. Dalam kesempatan yang sama, Syahdan, juga mengajak guru dari jenjang PAUD/TK, SD dan SMP untuk ikut berpartisipasi menyukseskan pembelajaran daring ini.

 

Pada saat peluncuran GoodEdu, sekolah yang mendapat kesempatan untuk dijadikan percontohan adalah SD Negeri 34 Pontianak Selatan dan SMP Negeri 4 Kota Pontianak.