PONTIANAK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak selaku Walidata menggelar agenda Internalisasi Metadata Statistik Sektoral di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Agenda ini dilaksanakan di Ruang Rapat Diskominfo Kota Pontianak, pada hari Senin (29/4/2024) yang dibagi dalam 2 sesi dan dihadiri Badan Pusat Statistik Kota Pontianak sebagai Narasumber serta Sekretaris selaku Walidata Pendukung dan Pengelola Data Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pontianak sebagai peserta.

Kepala Diskominfo Kota Pontianak, Zulkarnain berharap agenda ini dapat memberikan dampak positif kepada OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak. “Hari ini kita melaksanakan kegiatan Internalisasi Metadata Statistik Sektoral di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak. Saya berharap kita bisa memaksimalkan pelayanan di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak, agar dapat memberikan pelayanan yang prima,” ucap Zulkarnain pasca membuka agenda tersebut.

Zulkarnain menyebut, kegiatan ini sendiri dilakukan dalam rangka untuk memberikan pemahaman lebih lanjut terkait Metadata Statistik Sektoral. Sehingga OPD  di Kota Pontianak dapat memaksimalkan portal Satu Data yang sudah ada, khususnya dalam implementasi Metadata Statistik Sektoral. “Jadi kita ingin memberikan semacam pemahaman kepada kawan-kawan di OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak terkait Metadata Statistik Sektoral. Kita punya portal Satu Data, supaya data-data yang menjadi skala prioritas itu dapat di input secara berkala dan realtime yang sifat datanya dinamis,” tegasnya.

Implikasinya, ia berharap dengan implementasi Metadata Statistik Sektoral ini, berbagai data lintas sektoral dapat dipublikasikan ke publik serta diakses oleh masyarakat yang membutuhkan. “Jadi data itu bisa dipublikasikan dan bisa dimanfaatkan, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi pihak-pihak yang membutuhkan data bisa memanfaatkan data-data yang tersedia di portal Satu Data di Kota Pontianak,” sebutnya.

Zulkarnain menambahkan, dalam penerapan Metadata Statistik Sektoral, terdapat skala prioritas. Dimana data-data yang menjadi prioritas untuk disampaikan, harus didahulukan. Dalam agenda ini, apa yang telah dilakukan masing-masing OPD dalam penerapan Metadata juga di diskusikan. “Apa yang selama ini sudah disampaikan OPD sebagai Produsen Data, kita diskusikan kembali, kita revisi, dan kita sempurnakan mana yang menjadi skala prioritas,” jelasnya.

Ia berharap Walidata Pendukung selalu mengawasi dan mendukung kinerja Produsen Data memberikan data secara real time, berkala, dan disajikan dalam portal Satu Data. Sehingga, tidak ada lagi data yang terlambat disampaikan dalam portal Satu Data. “Jadi datanya on time, selalu disajikan. Tanpa diminta sudah siap dalam Satu Portal Data,” tutup Zulkarnain

 

Oleh : Rezqy Septy Yoza