PONTIANAK – Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Kapuas Hulu mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak pada hari Selasa (14/5/2024). Hal ini dilakukan dalam rangka studi banding Diskominfotik Kabupaten Kapuas Hulu terkait Pemenuhan Bukti Dukung Evaluasi Penyelengaraan Statistik Sektoral (EPSS). Agenda ini dihadiri oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dari masing-masing instansi serta dibuka langsung oleh Sekretaris Diskominfo Kota Pontianak, Edy Purwanto.

Statistisi Ahli Muda Diskominfotik Kabupaten Kapuas Hulu Suherman mengatakan, pihaknya melakukan Studi Banding ke Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak karena ingin berdiskusi sekaligus belajar dari Kota Pontianak. Hal ini mengingat Kota Pontianak merupakan daerah dengan skor Indeks Pembangunan Statistik (IPS) tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2023.

 

“Maksud dan tujuan kami datang ke Diskominfo Kota Pontianak adalah untuk melakukan studi dan diskusi mengenai Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) serta Integrasi API Satu Data dan Sistem Penghubung Pelayanan Pemerintah”, ujar Suherman.

Ia menambahkan, fokus instansinya dalam Studi Banding kali ini adalah untuk mempelajari bagaimana penerapan prinsip-prinsip yang sesuai dengan pedoman IPS serta bukti-bukti yang dapat mendukung peningkatan skor dalam penilaian IPS nantinya. “Mengingat bahwa Kota Pontianak memperoleh nilai IPS tertinggi di Kalimantan Barat, maka kami juga ingin berdiskusi dan berbagi ilmu mengenai penerapan-penerapan serta bukti-bukti yang dapat mendukung peningkatan IPS. Sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai IPS dari Kabupaten Kapuas Hulu”, jelasnya.

 

Suherman juga mengatakan bahwa dalam upaya peningkatan skor IPS nantinya, pihaknya berharap dapat terus bekerja sama dengan semua pihak terkait. Karena menurutnya, peningkatan skor IPS hanya bisa dicapai dengan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak, terutama sesama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

 

“Harapannya agar dapat meningkatkan nilai dari Kabupaten Kapuas Hulu dan Kota Pontianak walaupun tidak bisa sama seperti Kota Pontianak. Setidaknya ada progres disana serta hasil dari studi dan diskusi ini dapat kami terapkan di Kabupaten Kapuas Hulu. Karena sesuai target untuk Indikator Kineja Utama (IKU) adalah 2 dengan nilai kita saat ini yaitu 1,9. Dimana untuk tingkat Provinsi sendiri targetnya adalah 2,6. Karena EPSS ini tidak bisa jalan sendiri dikarenakan kita harus menggandeng OPD di Kapuas Hulu agar dapat mencapai target yang kita inginkan”, tutupnya.

 

Oleh : Rezqy Septy Yoza