PONTIANAK – Dalam rangka peningkatan mutu pelaksanaan kebijakan komunikasi publik, Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang  membahas Pelaksanaan dan Rencana Kebijakan Bidang Komunikasi Publik pada di Hotel Golden Tulip, Senin (18/12/23).

Zulkarnain selaku Kepala Dinas Kominfo Kota Pontianak, hadir sebagai narasumber. Berdasarkan observasi dalam pelaksanaan keterbukaan informasi, sering ditemui kendala-kendala dalam penyampaian komunikasi kepada publik. Adapun kendala yang sering ditemui di lapangan seperti kurangnya SDM, adanya perbedaan perspektif informasi yang diterima masyarakat serta adanya kepentingan tertentu yang membuat informasi tidak tersalurkan dengan baik. Zulkarnain berharap kedepan, kendala-kendala dalam penyampaian informasi publik ini dapat terselesaikan dengan baik.

Heronimus Sonni, narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Kalbar juga menuturkan bahwa kendala yang dialami selain yang disebutkan oleh Zulkarnain, juga karena banyaknya daerah-daerah yang masuk ke dalam kategori 3 T di Kalimantan Barat, yaitu daerah yang tertinggal, terpencil,  dan terdepan yang mengalami keterbatasan akses dari berbagai layanan.

Rapat yang dilaksanakan oleh Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik ini juga dihadiri oleh Komisi Informasi Kalimantan Barat dan Dosen Komunikasi Universitas Tanjungpura Pontianak.

 

Oleh : Fitri Fidyasari, S.I.Kom