Penggunaan media sosial yang baik menjadi penting bagi organisasi dan pemerintah daerah. Selain sebagai media penyebarluasan informasi, media sosial juga sebagai media interaktif dengan masyarakat. Untuk itulah diperlukan strategi pengelolaan media sosial yang baik. 

 

Media sosial khususnya media Instagram yang dikelola Diskominfo Kota Pontianak menjadi perhatian dan diskusi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kehutanan Sylva PC Universitas Tanjungpura (UNTAN), yang mengadakan kunjungan ke Diskominfo Kota Pontianak pada Senin (20/2/2023). Instagram Diskominfo dianggap memiliki keunikan dan gaya tersendiri dalam penyampaian informasi meski merupakan media sosial pemerintah. 

 

Kunjungan tersebut diterima oleh Zulkarnain, Kepala Diskominfo Kota Pontianak didampingi Iman Setiadi, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) dan M. Suryadin, Pranata Humas Bid. IKP Diskominfo Kota Pontianak, di Ruang Pontive Center. 

 

Media sosial IG Diskominfo Kota Pontianak dilakukan pencitraan ulang per tahun 2021, menyajikan berita yang terbuka dan akurat dalam kearifan dengan tema besar "Pontianak Bekabar".

 

Sebagai selingan dari konten berita, dihadirkan konten harian yang dikemas semenarik mungkin dengan menyesuaikan tren di media sosial. Konten harian seperti Info Selintas, yang menyajikan informasi tren nasional (Senin). Konten Tahukah Kamu, yang menyajikan informasi seputar yang terjadi di Kota Pontianak (Selasa). Konten Korabulasi, yang menyajikan informasi kerja sama dengan OPD/instansi (Rabu). Konten Kamis Berpantun yang menyajikan pantun, seringnya dikaitkan dengan kegiatan/perayaan terdekat. Konten Jumat Teknologi/Jutech yang menyajikan informasi teknologi (Jumat). Konten Sabtu Begini (Sabtu) dan Minggu Begitu (Minggu) yang menyajikan konten hiburan dalam format video. Konsep seperti ini menunjukkan tren positif yang berpengaruh pada jangkauan dan penambahan jumlah pengikut.