Dalam rangka meningkatkan pelayanan data dan informasi statistik dari Satu Data Kota Pontianak, Bidang Statistik Sektoral Diskominfo Kota Pontianak melaksanakan Evaluasi dan Riviu Keterisian Data Prioritas Kota Pontianak tahun 2023 di Ruang Rapat Diskominfo Lt. 3, Rabu (06/03/2024).

Jumiati selaku Plt Kepala Bidang Statistik Sektoral menyampaikan bahwa kewajiban OPD untuk terus memperbaharui data di portal Satu Data. Tugas dari Diskominfo hanya sebagai Walidata dan memantau perkembangan perbaharuan data pada portal tersebut. Berdasarkan portal Satu Data, data yang telah masuk sebanyak 5.369 data. Jumiati berharap agar angka tersebut juga memiliki kualitas tidak hanya kuantitas.

Statistis Ahli Pertama Diskominfo Kota Pontianak Abang Yogi Pratama mengatakan bahwa pada Tahun 2023, data yang telah terunggah baru 16% saja, yaitu sekitar 200 data. Sehingga diharapkan kepada produsen data yaitu OPD pada Pemerintah Kota Pontianak, untuk dapat memperbaharui data tersebut.

 

Pengumpulan data ke Walidata diharapkan dapat diselesaikan paling lambat 29 Maret 2024 dengan menggunakan format yang telah ditentukan oleh Walidata dan dilaporkan kepada Walidata secara langsung. Sehingga Walidata dapat menyerahkan atau menginformasikan data tersebut kepada Wali Kota Pontianak pada akhir Bulan April 2024.

 

Oleh : Fitri Fidyasari