Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Pontianak menggelar webinar “Peningkatan Kompetensi Wirausaha Hasil Kelautan dan Perikanan di Kota Pontianak Tahun 2020”, pada 21-22 Juli 2020, di Sekretariat PKK Kota Pontianak. Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Pontianak.

 

Pada webinar yang berlangsung selama 2 hari tersebut disampaikan materi dari Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) Jakarta. Materi dan praktik yang disampaikan seperti praktik pengolahan pilus ikan, praktik pengolahan kulit ikan, dan teknologi pengemasan produk makanan. Peserta webinar dari PKK se-Kota Pontianak juga ikut mempraktikkan materi yang disampaikan.

 

Ketua TP-PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie, menyampaikan bahwa melalui webinar ini peserta webinar dapat menambah kemampuan dan keahlian dalam mengelola produk olahan ikan. Kemudahan memperoleh ikan juga bisa dimanfaatkan menjadi produk olahan dan sebagai sumber pendapatan ekonomi keluarga.

 

Dipilihnya olahan ikan karena di Kota Pontianak termasuk wilayah yang mudah memperoleh ikan. Sebagai sumber protein, ikan juga dapat diolah dalam produk lainnya yang memiliki nilai ekonomis. Selain itu peserta juga diajak untuk menumbuhkan kemampuan berwirausaha, sehingga tidak hanya mengetahui produk olahan ikan, tapi juga mengetahui pengemasan yang baik dan bagaimana memasarkan produknya.  (IKP-Diskominfo)