PONTIANAK – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Diskominfo melakukan pendataan komunitas yang akan menjadi mitra dalam diseminasi Informasi.  Untuk mendukung pelaksanaan tugas penyebarluasan informasi, diperlukan Kerjasama dengan berbagai pihak termasuk Komunitas yang aktif dalam pelaksanaan penyebarluasan informasi dan pemberdayaan Masyarakat.  

Pendataan ini dilakukan untuk mengundang beberapa komunitas yang pernah ikut terlibat dalam kegiatan yang diselenggarakan Diskominfo dan dinilai aktif dalam pelaksanaan penyebaran informasi terkait kebijakan pemerintah.

Vivi Salmiarni Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dalam paparannya menjelaskan, perlu dilakukan beberapa penyesuaian oleh komunitas yang akan bermitra sebagai Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), salah satunya terkait dengan daftar kepengurusan yang perlu menyesuaikan dengan ketentuan.

“Sebelum bermitra sebagai KIM dan ditetapkan dalam suatu Surat Keputusan, ada beberapa syarat administratif yang perlu dilengkapi,” ungkapnya pada pemaparan di Ruang Rapat DISKOMINFO, Rabu (8/5/2024).  

Menurutnya, berdasarkan panduan pelaksanaan Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan, salah satu syarat terkait kepengurusan komunitas adalah susunan kepengurusan komunitas yang akan bermitra sebagai KIM tidak berafiliasi dengan partai politik dan Lembaga swadaya Masyarakat. 

“Apabila saat ini terdapat pengurus yang menjadi ASN, ataupun apabila komunitas tersebut berafiliasi dengan partai politik ataupun Lembaga Swadaya Masyarakat, apabila tidak dilakukan perubahan maka kemitraan sebagai KIM akan dihentikan,” ujarnya.  “Untuk perubahan kepengurusan dapat diajukan ke kelurahan setempat untuk perbaruan  kepengurusan,”tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut disepakati bahwa komunitas yang akan bermitra sebagai KIM diberikan waktu untuk pembaruan data dan kelengkapan sampai dengan tanggal 31 Mei 2024 dan akan menggunakan media diseminasi yang sudah dimiliki, salah satunya laman KIM.id secra optimal untuk membantu pelaksanaan penyebaran informasi kepada Masyarakat.  

Sementara itu Rizky, salah satu perwakilan komunitas menyambut baik pertemuan ini dan menyarakan komitmen siap untuk menjadi mitra pemerintah dalam penyebaran informasi.  

“Kami dari komunitas Subaddek Production siap untuk bermitra dalam melaksanakan diseminasi informasi dan pemberdayaan Masyarakat sehingga dapat membantu mengedukasi Masyarakat dengan informasi yang benar di Kota Pontianak,” ucapnya.

 

Oleh : Vivi Salmiarni