Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli, untuk tahun 2020 ini mengangkat tema “Anak yang Terlindungi, Indonesia Maju”. Pelaksanaannya untuk tahun 2020 mengalami sedikit penyesuaian dengan situasi pandemik Covid-19, tak terkecuali di Kota Pontianak.

 

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2020 di Kota Pontianak diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Pontianak, Forum Anak Kota Pontianak, dan perwakilan forum anak di masing-masing kelurahan di Kota Pontianak yang dilaksanakan secara virtual di Ruang Pontive Center, Kamis (23/7/2020).

 

Dalam sambutannya, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengajak semua pihak untuk memberi perlindungan kepada anak sebab anak adalah estafet penerus bangsa untuk mencapai Indonesia Maju. Ia juga meningatkan peran orang tua dan guru dalam mendampingi dan mengawasi anak, khususnya  mendampingi anak saat memainkan gawai yang sudah sangat dekat dengan keseharian anak-anak.

 

Edi juga memberikan perhatian terhadap kasus anak-anak yang mengalami kekerasan maupun perundungan (bullying). Menurutnya, semua pihak harus bekerjasama untuk menciptakan lingkungan yang baik dalam membentuk kepribadian anak.

 

Forum Anak Kota Pontianak juga menyampaikan hak-hak anak yang perlu ditingkatkan atau dipenuhi Pemerintah Kota Pontianak. Terdapat sepuluh keinginan anak yang tercakup dalam Suara Anak Kota Pontianak. Hal ini terbagi dalam empat bidang, yaitu pendidikan, kesehatan, partisipasi dan perlindungan.  

 

Pembelajaran jarak jauh akibat situasi pandemik Covid-19 yang sudah berlangsung sejak Maret 2020, banyak memberikan pengaruh terhadap kondisi belajar bahkan psikologi anak-anak. Seperti yang disampaikan dalam Suara Anak Kota Pontianak untuk Pemerintah Kota Pontianak memberikan dukungan fasilitas akses internet untuk belajar daring. Edi juga mengajak kepada anak-anak untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitas belajarnya yang dilalui secara daring. (IKP-Diskominfo)