PONTIANAK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak melalui Bidang Statistik Sektoral melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Data Prioritas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak Tahun 2024. Agenda ini dilaksanakan di Ruang Rapat Diskominfo Kota Pontianak pada Jumat (3/5/2024). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai pada 3 bidang dan sekretariat  Diskominfo Kota Pontianak sebagai produsen/penghasil/sumber data Diskominfo Kota Pontianakyang sekaligus berperan sangat penting sebagai Walidata Kota Pontianak.

Rapat koordinasi ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Edy Purwanto selaku Walidata Pendukung Diskominfo yang menyampaikan bahwa pentingnya untuk mengoordinasikan penyusunan usulan daftar data prioritas pada Diskominfo. Selanjutnya, Plt Kepala Bidang Statistik Sektoral Jumiati mengatakan bahwa Diskominfo harus dapat menjadi contoh OPD dalam Penyelenggaraan Statistik Sektoral diantaranya yaitu merencanakan dan mengumpulkan data yang tersedia sesuai kebutuhan data pengguna data agar diperoleh data yang lengkap, akurat dan mutakhir.  “Data prioritas ini menjadi sangat penting untuk Diskominfo sendiri karena kita tidak hanya menjadi walidata, tetapi juga sebagai produsen data. Sehingga kita juga harus bisa menjadi contoh untuk OPD lain dalam menghasilkan data prioritas yang sesuai kebutuhan, jadwal rilis dan jadwal pemutakhiran data untuk diupdate setiap tahunnya. Sehingga saya meminta kepada masing-masing bidang untuk dapat melaporkan data-data yang telah dihasilkan pada rapat koordinasi kita pada hari ini”, imbuhnya.

 

Untuk dapat diketahui, Diskominfo Kota Pontianak memiliki 4 bidang yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Adapun bidang tersebut adalah, Bidang Tata Kelola Pemerintah Berbasi Elektronik dan Telematika (TKBPET), Bidang Statistik Sektoral, Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Bidang Sekretariatan/Tata Usaha. Keempat bidang tersebut tentunya memiliki data yang dihasilkan sehingga diperlukan untuk mengumpulkan data tersebut kepada Pengelola Data yang bertanggung jawab pada Walidata Pendukung, selanjutnya satu pintu data-data tersebut disampaikan pada Walidata Kota Pontianak.

Pada rapat koordinasi ini, Jumiati mengajak rekan-rekan pada Diskominfo untuk dapat saling berdiskusi terkait penyusunan usulan daftar data prioritas yang akan dikumpulkan . “Diharapkan masing-masing bidang sudah dapat mengumpulkan data-data yang sudah ada pada tanggal yang sudah kita tentukan bersama pada rapat hari ini” tutupnya.

 

Oleh : Fitri Fidyasari