PONTIANAK – Rapat Koordinasi, Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif, Respon Penyakit Berpotensial Wabah, dan Sosialisasi Japanese Encephalitis (JE) yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023 di Orchard Hotel Pontianak. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Pontianak.

Adapun Japanese Encepalithis (JE) merupakan penyakit virus yang menyerang susunan saraf. Virus JE ditularkan oleh nyamuk Culex Triataeniorhychus yaitu spesies vector nyamuk yang berkembang biak di kolam dan sawah yang tergenang.

Dilaporkan 145 kasus konfirmasi JE positif dimana 30 kasus (20.7%) terdapat di Provinsi Kalimantan Barat. Sampai saat ini belum ditemukan obat ataupun terapi khusus untuk penyembuhannya. Namun, JE dapat dicegah dengan pemberian imunisasi.

Sasaran pemberian imunisasi JE adalah anak dengan usia 9 bulan s.d <15 tahun. Jadwal pemberian imunisasi JE diperkirakan akan dilaksanakan selama 2 bulan dimulai dari tanggal 26 September 2023 s.d 26 November 2023.

Dengan diadakannya rapat koordinasi ini, diharapkan lintas sektor baik dari Kementerian Agama, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat, Babinsa, Babinkamtibnas, PKK, Kader Kesehatan, Lembaga Perguruan Tinggi, Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik dapat membantu menyebarluaskan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar terbentuk kekebalan komunitas di Kota Pontianak.

 

Oleh : Fitri Fidyasari, S.I.Kom