Penyusunan Publikasi Kota Pontianak dalam Angka Tahun 2024 merupakan kumpulan pembaruan data dari beberapa perangkat daerah dan instansi vertikal yang ada di Kota Pontianak. Penyediaan data dan informasi yang terkini sangat diperlukan untuk proses Perencanaan Pembangunan Kota Pontianak Tahun 2024.

 

Pada saat kegiatan Forum Satu Data Tahun 2023 yang lalu, terdapat 1.448 daftar data dan data prioritas Kota Pontianak yang sudah disepakati perangkat daerah dan instansi vertikal selaku produsen data untuk dilakukan pembaruan di tahun 2024. Diperlukan ketelitian dan kecerdasan dalam mengolah, menelaah dan menganalisa data sebelum dipublikasikan.

 

“Saya berharap agar seluruh OPD dan instansi vertikal di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak selaku produsen data, dapat secara realtime melakukan update datanya pada Tahun 2024”, ucap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Utin Sri Lena Candramidi saat membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Publikasi Kota Pontianak Tahun 2024 di Ruang Rapat Wali Kota Pontianak (31/01/2024).

 

Pemerintah Kota Pontianak telah memiliki Portal Satu Data Kota Pontianak yang dimana dapat diakses secara daring. Portal Satu Data Kota Pontianak pada tahun 2023 telah dimutakhirkan dengan menambah fitur-fitur yang lebih menarik untuk memberikan kemudahan bagi pengguna data dalam mengaksesnya.

 

“Jika semua data sudah dilakukan pembaruan, maka segera publikasikan pada portal Satu Data Kota Pontianak untuk dapat memberikan kemudahan bagi pengguna data untuk mengaksesnya sehingga data tersebut dapat dibagipakaikan”, ucap Sektretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak Edy Purwanto.

 

Kepala BPS Kota Pontianak Suswandi menjelaskan tentang peran data dalam siklus perencanaan pembangunan serta kerjasama antara Badan Pusat Statistik dengan perangkat daerah dan instansi vertikal. Berdasarkan Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997, menyatakan bahwa instansi pemerintah juga mempunyai peran sebagai penyelenggara statistik sektoral,  tidak hanya dilakukan oleh Badan Pusat Statistik. Berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tahun 2023, Kota Pontianak berhasil mendapatkan nilai Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,03 yang merupakan nilai tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat.

 

Oleh : Fitri Fidyasari