Aktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga mengalami dampak besar akibat pandemi Covid-19, sehingga perlu penyesuaian untuk dapat bertahan dan berkelanjutan. Penyesuaian seperti digitalisasi UMKM dianggap menjadi solusi di tengah pandemi Covid-19.
 
Bentuk digitalisasi UMKM untuk Kota Pontianak salah satunya dilakukan oleh Win Digital Khatulistiwa, adalah layanan dibidang jasa binatu (laundry). Peresmian aplikasi "Win Digital Khatulistiwa" yang mengusung tema "Solusi Ekonomi Digital di Era Pandemi", dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., pada Kamis (15/01/2021).
Acara yang bertempat di Data Analytic Room (DAR) Kantor Gubernur Kalimantan Barat ini dihadiri secara virtual oleh para bupati/walikota se- Kalimantan Barat. Pemerintah Kota Pontianak turut hadir dalam acara ini, diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Bapak Ir. H. Uray Indra Mulya, MM. Peluncuran aplikasi tersebut diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. (IKP-DKI)