PONTIANAK – Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan produktivitas layanan publik, Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan kegiatan Workshop Pemanfaatan dan Penerapan Google Workspace pada Pemerintahan di Ruang Rapat Walikota Pontianak, Kamis (18/04/2024). Acara dibuka oleh Kepala Diskominfo yang menekankan pentingnya teknologi informasi yang efektif dan efisien dalam pelayanan publik. Menurut beliau, kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kota Pontianak.

Kepala Dinas Kominfo Kota Pontianak Zulkarnain mengatakan Google Workspace ini sangat efisien digunakan dalam keseharian pekerjaan kita di pemerintahan, sebagai contoh dalam berbagi data, sudah tidak sulit lagi harus melalui flash disk atau kirim melalui whatsapp, tapi dapat langsung saja kirim melalui Google Workspace dan ini bisa lintas OPD.

Sesi workshop juga diisi oleh Kasi Persandian dan Keamanan Sistem Informasi yang memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan empat jenis email resmi pemerintah kota. Beliau menjelaskan proses pengajuan akun email ASN dan integrasinya dengan akun Gmail pribadi ASN.

Narasumber dari Google Indonesia, Tri Sabdo Pamungkas, menjelaskan keuntungan menggunakan server Google yang berlokasi di Jakarta dan bagaimana layanan seperti Google Meet, Google Docs, dan Google Forms dapat dioptimalkan untuk mendukung kerja kolaboratif dan efisiensi dalam pelayanan publik. Dengan lisensi berbayar, OPD di Pontianak akan mendapatkan penyimpanan sebesar 30 GB dan dukungan teknis langsung dari Google.

 

Workshop ini menggarisbawahi pentingnya adopsi teknologi dalam peningkatan layanan publik, serta menargetkan pemanfaatan Google Workspace sebagai langkah konkret dalam pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang efektif di Kota Pontianak.

Oleh : Fitri Fidyasari